Semarang- Kegiatan tulis menulis adalah kegatan rutin yang sudah ada sejak dahulu, meskipun menurut sebagian orang hal ini dianggap tidaklah penting meski kenyataanya penting atau sebaliknya yang oleh beberapa orang lain dianggap begitu penting akan tetapi menjadi momok yang menakutkan.Saat ini konten website sudah menjadi hal yang wajib dikemas dan dimiliki oleh semua organisasi pemerintahan guna mendukung capaian tugas dan kinerjanya.
Website Kantor Wilayah (Kanwil) merupakan media informasi yang pengelolaanya senantiasa mendapat pemantauan langsung baik dari masyarakat maupun lembaga pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk memberikan penilaian maupun pengawasan terhadap konten yang tersedia dalam medi tersebut.
Secara rutin dalam setiap tahun Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat pada Sekretariat Jenderal Kementrian Agama Republik Indonesia melakukan penilaian dan pemeringkatan terhadap Konten Website yang dikelola oleh Kanwil.Berangkat dari keprihatian akan minimnya konten berita di Tahun 2016, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani,membuat surat edaran kepada Kankemenag Kab/Kota se-Jawa Tengah tentang penunjukan PIC Berita Website yang diharapkan mampu membantu kontribusi berita pada tahun 2017 ini.
Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari edaran tersebut, Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah mengadakan Workshop Jurnalistik Kehumasan yang berlangsung di Hotel Grasia,1-3 Maret 2017. Dalam materinya,Kepala Kanwil Farhani menginginkan adanya perubahan terhadap pola pikir dan budaya kerja ASN di Jajarannya.”Saya ingin ada perubahan pola pikir dan budaya kerja” katanya. “Dahulu Orang memandang Kementerian Agama dengan sebelah mata, padahal yang ada di Kementerian Agama adalah permata-permata”imbuhnya.
Citra Kementerian Agama yang saat ini sudah baik jangan sampai dibiarkan tenggelam dan menjadi tidak baik karena pemberitaan yang tidak bertanggung jawab.Disadari maupun tidak, mengembalikan citra adalah sesuatu yang tidak mudah.Indikator yang bisa kita lihat akan semakin meningkatnya citra Kementerian Agama salah satunya dengan meningkatnya
indeks kepuasan layanan haji tahun ini yang mencapai 83,83%. Disamping itu, Kementerian Agama merupakan Kementerian yang kinerjanya terbaik kedua dari semua Kementerian /Lembaga yang ada.
Seiring berkumandangnya adzan magrib, selesai pula sesi penyampaian materi Kakanwil kemenag Provinsi Jawa Tengah Farhani. (shl)